Symantec Norton AntiVirus 2010 dan Internet Security 2010.

“Menurut Federal Trade Commission, kejahatan dunia maya telah mengalahkan penjualan obat-obatan terlarang sebagai penghasil uang kejahatan terbesar. Kini kejahatan di dunia maya menghancurkan kehidupan lebih parah dibandingkan dengan menghancurkan komputer,” kata Effendy Ibrahim, Norton Business Lead, Asia South Region, Symantec, pada peluncuran Norton 2010 di Jakarta, 8 Oktober 2009.

Pada Norton Internet Security dan juga Antivirus 2010, Symantec mengimplementasikan metode keamanan baru yang diberi nama Quorum. Metode ini memiliki kemampuan mendeteksi malware yang lebih baik dibandingkan dengan pendeteksian tradisional berbasis signature dan perilaku.

“Dengan pengamanan berbasis reputasi pada Norton 2010, kami menaikkan standar tingkat keamanan di industri,” kata Effendy. “Pasalnya, kini ancaman keamanan jumlahnya semakin banyak dan canggih, sehingga tidak lagi dapat ditangani dengan pengamanan berbasis signature dan behavioral heuristics,” ucapnya.

Melanjutkan seri sebelumnya, Norton 2010 yang bisa digunakan pada Windows XP, Vista, dan Windows 7 tersebut juga relatif ringan. Meski teknologi baru sudah diimplementasikan, tetapi tidak membuat aplikasi ini lebih menguras sumber daya komputer.

Menurut PassMark Software, lembaga pengujian software independen, Norton Internet Security 2010 hanya membutuhkan waktu sekitar 1 menit untuk instalasi. Selain itu, aplikasi ini juga hanya mengonsumsi RAM sekitar 10MB saja. Kecepatan pemindaiannya juga relatif cepat.

Norton Internet Security 2010 dijual seharga Rp 448 ribu untuk lisensi 3 PC dan 268 ribu untuk 1 PC. Norton Antivirus 2010 dijual Rp 388 ribu untuk 3 PC dan 218 ribu untuk 1 PC. Harga mencakup langganan dan dukungan teknis selama satu tahun.

Pengguna yang masih memiliki Norton seri 2006 ke atas bisa melakukan upgrade gratis ke Norton 2010 dengan syarat lisensi software pengamanan mereka masih berlaku. Adapun nantinya Norton 2010 baru mereka akan melanjutkan masa berlaku software yang mereka gunakan..

Iklan